Kamis, 20 November 2008

Proposal Cogenerator

PROPOSAL

“PEMANFAATAN BIOGAS JADI COGENERATOR“

Diajukan untuk memenuhi tugas energi konversi

Oleh :

Nurul Hidayah

0800333

JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO

FAKULTAS PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

2008

JUDUL

“ PEMANFAATAN BIOGAS JADI COGENERATOR ”

A. LATAR BELAKANG

Tenaga listrik sangat berguna karena tenaga listrik itu dapat dengan mudah di transportasikan/disalurkan dan juga mudah diatur. Tenaga Listrik dibangkitkan di pusat-pusat listrik tenaga (PLT) seperti : Tenaga air (PLTA), tenaga uap (PLTU), tenaga panas bumi (PLTP), tenaga gas (PLTG), tenaga diesel (PLTD), tenaga nuklir (PLTN) dan lain sebagainya.

Tenaga yang dihasilkan pembangkit dan telah ditransmisikan belum dapat secara langsung scara maksimal.

B. TUJUAN DAN MANFAAT

Cogeneration : Teknologi pembangkitan panas dan tenaga secara simultan dalam satu proses dari satu sumber bahan bakar. Cogeneration juga merupakan teknologi konversi energi yang memproduksi listrik dan termal secara simultan. Konversi energi itu dilakukan dengan cara memodifikasi pembangkit listrik konvensional dengan menambahkan suatu peralatan penukar panas. Dengan demikian teknologi cogeneration merupakan pilihan yang tepat untuk memanfaatkan energi pada boiler, gas turbin dan diesel secara optimum.

1. TUJUAN

Untuk mencapai efisiensi yang tinggi dalam penyediaan energi untuk kegiatan industri dan komersial. Diterapkan di kegiatan industri atau komersial yang memerlukan daya (umumnya listrik) dan proses pemanasan dan/atau pendinginan.

2. MANFAAT

a. Menambah ilmu dan wawasan serta dapat mengembangkan dan mengimplementasikan

b. Memanfaatkan energi yang terbuang/terbebas.

c. Bisa mengurangi ketergantungan catu daya,

d. Mengurangi biaya untuk pemakaian energi,

e. Bisa menghemat konsumsi energi 20 -40

f. Keandalannya baik,

g. Fluktuasi tegangan kecil,

h. Kebisingan rendah dan pemeliharannya mudah.

C. METODOLOGI

a. Studi literature, yaitu cara menelaah, menggali, serta mengkaji rumusan teori dari berbagai sumber yang mendukung..

b. Uji coba Program pengembangan ide kreative.

D. DAFTAR PUSTAKA

- Buku energi dan konversi

- soft copy materi kuliah

- Internet

Bahan yang dibutuhkan : Biogas, tabung gas, kompor, Boyler,

Tahap awal pemanfaatan cogenerator

· telah banyak kita ketahui Biogas dapat dijadikan bahan bakar elpiji sebagai pengganti bahan bakar minyak tanah, biogas dapat digunakan sebagai pembangkit energi listrik, sehingga dapat dijadikan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan dan terbarukan

Reaktor Biogas Skala Rumah Tangga

· Setelah biogas di tampung dalam tabung gas dan siap dioperasikan pada kompor. Kompor siap untuk di gunakan untuk memasak.

· Dari hasil memasak dapat menghasilkan uap yang kemudian dapat di manfaatkan kembali sebagai suatu energi terbarukan yang akan di tampung pada suatu alat yaitu Boyler.

· Uap yang di simpan pada alat Boyler bisa di manfaatkan kembali untuk memanaskan air pada kamar mandi yang sudah di hubungkan oleh lempengan tembaga yang di bungkus isolator. Dengan begitu kita dapat menghemat gas yang seharusnya di butuhkahkan 2 tabung gas tapi dengan system cogenerator ini hanya di butuhkan 1 tabung gas.

· Cogenerator yang kita buat ini merupakan Siklus topping yang terjadi bila bahan bakar dipakai langsung untuk memproduksi energi listrik, kemudian gas panasnya digunakan untuk panas/uap proses. Jadi energi listriknya terlebih dahulu diproduksi kemudian baru panas buangnya dimanfaatkan. Sehingga energi termalnya bisa digunakan untuk kebutuhan industri seperti untuk pemanas dan pendingin ruangan serta untuk pemrosesan.

PENUTUP

Semoga makalah ini bermanfaat untuk kita semua, amieen..

Wss.....

Tidak ada komentar: