Minggu, 18 Januari 2009

contoh usulan tugas akhir

Contoh Usulan Tugas Akhir
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS KRISTEN PETRA


USULAN TUGAS AKHIR

Nama
: Agus Prajitno
NRP
: 23493002
Bidang Stud
: Elektronika
Judul Tugas Akhir
: Alat Ukur Viskositas Berbasis Minimum Sistem Mikroprosesor 8088
Pembimbing I
: Ir. Resmana, M.Eng
Dilaksanakan
: Semester gasal tahun 1998/1999

Surabaya, 20 Februari 1998
Yang mengusulkan,


Agus Prajitno

Mengetahui :

Koordinator Tugas Akhir Pembimbing I


Drs. Heri Saptono W, M.Si Ir. Resmana, M.Eng




FORMAT USULAN TUGAS AKHIR.

Lampiran Usulan Tugas Akhir hendaknya dibuat secara realitis, komprehensif dan terperinci yang berisi hal-hal berikut :
Judul Tugas Akhir.
Judul hendaknya dibuat singkat tetapi cukup jelas menggambarkan tema pokok.
Latar belakang masalah
Setiap penelitian yang diajukan untuk Tugas Akhir harus mempunyai latar belakang masalah (aktual) yang diduga atau yang memang memerlukan pemecahan. Latar belakang timbulnya masalah perlu diuraikan secara jelas dengan sejauh mungkin didukung oleh data atau penalaran yang mantap. Kejelasan latar belakang timbulnya masalah akan memudahkan perumusan masalah.
Perumusan masalah
Masalah yang akan dicari pemecahannya melalui penelitian yang diajukan untuk Tugas Akhir, hendaknya dirumuskan dalam bentuk deklaratif atau dalam bentuk kalimat-kalimat pertanyaan yang tegas dan jelas guna menambah ketajaman perumusan. Pada prinsipnya masalah yang akan dicari pemecahannya harus cukup terbatas ruang lingkupnya agar dapat dimungkinkan pengambilan kesimpulannya yang difinitif. Pengertian yang terbatas itu hendaknya ditetapkan dengan berorientasi kepada prospek kegunaannya secara operasional. Bila kegunaan operasionalnya hanya dapat dicapai melalui perumusan-perumusan masalah yang agak luas (tidak terlalu terbatas), hendaknya diarahkan kepada bisa tidaknya penelitian dengan masalah yang seluas itu dilaksanakan. Uraian perumusan masalah tidak perlu dalam bentuk kalimat pertanyaan.
Tujuan Tugas Akhir
Hasil utama dari tugas akhir adalah data atau informasi yang berhasil disusun melalui kegiatan penelitian. Uraikan dengan singkat mengenai tujuan dari Tugas Akhir. Tugas Akhir dapat bertujuan untuk menjajagi, menguraikan, menerangkan, membuktikan, atau mendapatkan/menerapkan suatu gejala, konsep atau dugaan, atau membuat suatu prototipe baik software maupun hardware.
Tinjauan Pustaka
Usahakan pustaka yang baru, relevan, dan asli, misalnya jurnal ilmiah. Uraikan dengan jelas kajian pustaka yang menimbulkan gagasan dan yang mendasari penelitian yang akan dilakukan. Tinjauan pustaka menguraikan teori, temuan, dan bahan penelitian lain yang diperoleh dari acuan yang akan dijadikan landasan untuk melakukan kegiatan penelitian yang akan dijadikan tugas akhir. Uraian dalam tinjauan pustaka ini diarahkan untuk menyusun kerangka pemikiran atau konsep yang akan digunakan dalam penelitian. Kerangka pemikiran ini harus utuh menuju kepada satu tujuan yang tunggal, yaitu memberikan jawab atas pertanyaan-pertayaan yang diajukan dalam perumusan masalah. Tinjauan pustaka mengacu pada daftar pustaka dengan mencantumkan kutipan dengan bentuk […], misal [1,2], dimana 1dan menyatakan nomor urut pustaka dalam daftar pustaka. Lengkapi pula dengan blok diagram kerangka pemikiran secara utuh.

Metodologi Penelitian
Uraikan metode yang digunakan dalam penelitian secara rinci. Uraian dapat mencakup variabel apa saja dalam penelitian ini, model yang digunakan, rancangan penelitian, teknik pengumpulan data (cara pengukuran dan alat yang digunakan), teknik analisis data, cara penafsiran dan pengumpulan data bila menggunakan metode kualitatif. Perlu juga dijelaskan pendekatan yang digunakan, proses pengujian model/prototipe, proses penafsiran dan penyimpulan hasil penelitian.
Relevansi
Uraikan secara singkat tetapi jelas macam-macam gagasan kreatif dari hasil tugas akhir itu untuk dikontribusikan kepada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, dan/atau kepada pengembangan kelembagaan dan/atau pembangunan. Atau menimbulkan inspirasi untuk mahasiswa lain bagi pengembangan lebih lanjut.
Jadwal kegiatan
Hendaknya dikemukakan jenis-jenis kegiatan yang direncanakan yang beserta jadwal waktunya (mulai dari persiapan, pengumpulan data, pengolahan data, sampai dengan menyusun laporan).
Daftar Pustaka
Daftar dari pustaka yang dipakai dalam penyusunan proposal tugas akhir ini. Penulisan daftar pustaka disusun urut berdasarkan siapa yang terlebih dahulu dikutip.
Contoh penulisan daftar pustaka:
Nama penulis, "Judul Makalah atau Judul Buku", Nama Jurnal, Nomor/Volume Jurnal, Penerbit, Kota, Tahun penerbitan.
Thiang, Anies H., Resmana, "PetraFuz: Sistem Pengembangan Kendali Fuzzy Logic Berbasis Mikrokontroler MCS51", Prosiding Seminar Nasional Pemanfaatan Teknik Kendali dan Instrumentasi pada Pertanian, BPPT, Jakarta, 1998.

1 komentar:

boy mengatakan...

tenyata blog punya uyung toh..

nuhun atas bantuan di blognya,bermanfaat wat tgas aq..

peerkaya lagi ya blognya..!!

mantap,