Selasa, 16 September 2008

Batu bata surya untuk pencahayaan gedung dan infrastruktur

Solar Brick, nama produk modul surya yang dibuat oleh Sunrise Solar Corp, berlokasi di San Antonio, Texas, adalah produk modul surya yang dibuat berbentuk batu bata. Modul surya tersebut terdiri dari sel surya berteknologi maju, peralatan penyimpanan energi, dan desain sistem pencahayaan untuk menghasilkan warna-warna tertentu yang sangat terang dan mengelilingi modul berbentuk batu bata.

Sel surya yang digunakan bertipe kristalin silikon dengan tegangan 2 Volt dan 500mA untuk setiap selnya. Media penyimpan energinya menggunakan baterai Ni-MH dengan karakteristik mampu beroperasi di suhu tinggi dengan tegangan 1,2Volt / 4.000mAH.

Untuk mendapatkan pencahayaan yang sangat jelas dan terang, Sunrise Solar Corp menggunakan 12 buah LED dengan bahan boro-silikon.

Desain berbentuk batu bata tersebut menjadikan Solar Brick mudah untuk diintgrasikan selama pembangunan gedung maupun infrastruktur lainnya.

Menurut Sunrise Solar Corp, produk terbaru yang dikembangkannya tersebut bisa diaplikasikan di banyak tempat, seperti pencahayaan landasan udara di daerah terpencil, pencahayaan bangunan, lampu keselamatan serta pencahayaan yang bersifat dekoratif.

Tidak ada komentar: