Jumat, 24 Oktober 2008

Panel Surya Generasi Terbaru

Panel surya yang ada saat ini ada baru dapat mengubah 20 persen dari energi yang diambil menjadi listrik. Sedangkan panel surya yang terbaik hanya dapat mengambil 40 persen energi. Para peneliti di Idaho National Lab yang bekerja sama dengan Microcontinuum Inc serta University of Missouri kini melakukan terobosan dengan membuat panel surya yang mampu mengambil 80 persen tenaga listrik dari cahaya.

Proses pembuatannya adalah dengan menempelkan spiral kecil yang mengandung logam kedalam lembaran plastik. Setiap spiral nanoantenna ini berukuran 1/25 dari tebal rambut manusia.
Karena ukurannya ini, spiral ini dapat menyerap energi dalam infrared spektrum cahaya. Sinar matahari memancarkan banyak energi infrared, yang umumnya akan dilepas dalam bentuk panas dari radiasi oleh bumi.
Nanoantenna ini dapat mengambil energi baik dari sinar maupun panas yang dihasilkan bumi, dengan tingkat efisiensi yang jauh lebih tinggi dibandingkan panel surya biasa.
Para ahli memperkirakan bahwa nanoantenna ini dapat menyerap hampir 80 persen energi matahari. Satu buah nanoantenna ini memang tidak berpengaruh, tetapi para ahli mampu merangkai sebanyak 10 juta nanoantenna dalam lingkaran berdiameter 6 inci, sehingga hasilnya akan membuat sebuah panel surya yang sangat efektif

Tidak ada komentar: