Jumat, 24 Oktober 2008

Teknologi terbaru media penyimpanan metan

Hong-Chai Zhou dan rekan-rekannya melaporkan hasil penelitian tentang pengembangan bahan yang mirip dengan spons dan mempunyai kemampuan sangat tinggi untuk menyimpan metan. Bahan tersebut mampu menampung hampir sepertiga lebih banyak dibandingkan dengan target yang ditetapkan departemen energi Amerika Serikat bagi kendaraan bermotor berbahan bakar metan. Laporan itu rencananya akan diterbitkan di jurnal American Chemical Society pada 23 Januari 2008.

Para peneliti tersebut menjelaskan kurang efektif, ekonomis dan amannya sistem penyimpanan gas metan di dalam kendaraan bermotor menjadikan penyebab utama kendaraan bermotor berbahan bakar metan tidak bisa bersaing dengan kendaraan konvensional.

Laporan tersebut menjelaskan mengenai pengembangan MOF jenis baru, yang disebut dengan PCN-14 dan memiliki luasan permukaan yang tinggi, lebih dari 2000 meter persegi per gram. Penelitian laboratorium menunjukkan bahwa bahan yang terbentuk dari sangkar di dalam cluster-cluster berskala nano, mempunyai kemampuan menyimpan gas metan 28% lebih tinggi dibandingkan target departemen energi Amerika Serikat.

Saat ini media penyimpanan gas metan menggunakan bahan kristalin yang berpori-pori banyak dan disebut dengan metal-organic frameworks (MOFs). Tetapi tidak satupun bahan tersebut yang mencapai target departemen energi Amerika Serikat.

Tidak ada komentar: